Popular Posts

Wednesday, November 4, 2015



Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

                Jeruk nipis mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah jeruk nipis segar berdiameter 5 cm (berat 67 g) mengandung 20 kalori; 88 % air; 7 g karbohidrat; 2 g serat; 22 mg kalsium; 68 mg kalium; 12 mg fosfor; 4 mg magnesium; 1IU vitamin A; 19 mg vitamin; dan 5 ug folat.
                Didalam jeruk nipis terdapat minyak esensial dari golongan monterpen, yaitu limonene dan linalool. Selain itu, jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid, seperti flavonol, limonoid, hesperidin, rhoifolin, dan naringin. Limonone berkhasiat sebagai ekspektorat, sedative, dan aromatic. Sementara itu , linalool yang juga bersifat aromatic berguna sebagai anti jamur, anti septic, dan sedative. Limonene dan senyawa flavonoid lain, termasuk vitamin C berkhasiat antioksidan dan mencegah timbulnya kanker mulut, kulit, paru, payudara, lambung, usus besar.
                Buah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam folat, mineral ( kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, besi), dan vitamin (A,B1,B6 dan C). itulah sebabnya jeruk nipis berasa pahit dan agak asam. Sifatnya dingin, harum (aromatic) dan astrigen.
                Jeruk nipis berkhasiat sebagai antioksidan, antikanker, penghenti batuk, peluruh dahak (mulolitik), peluruh keringat, dan membantu proses pencernaan. Buah ini dapat digunakan untuk mambantu pengobatan influenza, batuk, lender di tenggorokan, rasa penuh dada dan perut, demam panas pada malaria, sariawan, diare, batu ginjal (jenis kalsium idiopatik ). Khasiat lain, sebagai pelangsing tubuh, mengurangi keluhan perut terasa penuh karena makanan tidak dicerna, membantu menghilangkan ketombe, dapat menambah stamina, dan mengatasi haid yang teratur.

0 comments :

Post a Comment

" Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar "