Popular Posts

Sunday, November 1, 2015



Kandungan Dan Khasiat Delima

                Delima mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Sebuah delima segar yang setara dengan 154 g mengandung 105 kalori; 81% air; 26 g karbohidrat; 1 g protein; 399 mg kalium; 12 mg fosfor; 5 mg kalsium; 5 mg magnesium; 9 mg vitamin C; 1 mg vitamin E; 1 mg asam pantotenat; 0,2 mg vitamin B6; 9 ug folat; dan 1 g serat.
                Di dalam delima terkandung flavonoid (antosianin), asam sitrat, asam malat, gula buah(glukosa,fruktosa,maltosa), vitamin C,B6, dan A, mineral(kalium,kalsium,fosfor,zat besi,magnesium,dan natrium), dan tanin(punicalagnis).
                Antosianin berkhasiat sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas perusak berbagai organ yang  dapat menimbulkan berbagai penyakit.  Tannin pada delima disebut punicalagins yang berkhasiat astrigen dan bermanfaat sebagai anti diare  dan menghentikan pendarahan serta mengobati cacingan.
                Daging buah pembungkus biji berkhasiat mencegah penyakit jantung dan peluruh kentut. Biji bersifat  sejuk tidak beracun berkhasiat meredakan demam, antitoksik, melumasi paru dan pereda batuk. Kulit buahnya rasanya asam, pahit, manis, bersifat hangat, astrigen dan beracun (toksik). Kulit buah berkhasiat menghentikan pendarahan (hemostatis), peluruh cacing usus(vermifuga), anti diare dan anti virus. Kulit kayu dan kulit akar berkhasiat peluruh dahak, vermifuga, pencahar dan anti diare, sedangkan bungnya berkhasiat mengatasi mimisan dan radang timpani telinga.

0 comments :

Post a Comment

" Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar "