Popular Posts

Tuesday, November 3, 2015



Kandungan Dan Khasiat Jeruk Lemon

                Setiap 100 g yang setara dengan dua buah jeruk lemon ukuran sedang menyediakan 29 kalori; 11 g protein; 0,3 g lemak; 2,9 g gula alami; dan 2,8 g serat. Jeruk lemon mempunyai komposisi utama gula dan asam sitrat. Kandungan jeruk lemon antara lain flavonoid ( flavonones ), limonene, asam folat, tannin, vitamin ( C,A,B1,P) dan mineral (kalium,magnesium).
                Kulit jeruk terdiri dari 2 lapis. Bagian luar mengandung minyak esensial(6%) dengan komposisi limonene (90%), citral (5%), dan sejumlah kecil citrinellal, alfa-terpineol, linalyl dan geranyl acetate. Kulit jeruk lapisan dalam tidak mengandung minyak esensial, tetapi mengandung glikosida flavon yang pahit, derivate koumarin, dan pectin.
                Jeruk lemon rasanya pahit, bersifat dingin, dan selalu berbau aromatic. Berkhasiat meluruhkan kencing (diurentik), antiradang, meningkatkan keluarnya liur, meringankan batuk dan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah tepi(tungkai). Kandungan flavanones dan vitamin C pada jeruk lemon berkhasiat antioksidan dan anti kanker.
                Jeruk lemon digunakan untuk pengobatan penderita scurvy (penyakit akibat kekurangan vitamin C), kaki dan tangan (tungkai) baal dan nyeri akibat sirkulasi darah tidak lancer, wasir (hemoroid), varises (varicose vein), demam ringan, dan radang bronkus (saluran nafas). Kandungan limonene pada lemon juga bermanfaat untuk pengobatan batu empedu dan batu ginjal.

0 comments :

Post a Comment

" Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar "