Popular Posts

Friday, November 6, 2015



Kandungan Dan Khasiat Kurma

                Kandunga Gizi kurma per 100 g antara lain 22,5 g air; 275 kal energy; 11,97 g protein; 0,45 g lemak; 73,51 g karbohidrat; 7,5 g serat; 1,58 g abu; 32 mg kalsium; 1,15 mg besi; 35 mg magnesium; 652 mg kalium; 40 mg fosfor; 3 mg natrium; 0,29 mg seng; 0,288 mg tembaga; 0,298 mg mangan; 0,090 mg tiamin; 0,1 mg riboflavin; 2,2 mg niasin; 0,78 mg pantotenat; 0,192 mg vitamin B6; 13 ug folat, dan 50 IU vitamin A.
                Kurma mengandung karbohidrat sederhana sehingga mudah dicerna karena mengandung gulanya berkisar 60-70%. Kandungan gula pada banyak varietas kurma umumnya berupa glukosa atau fruktosa. Satu buah kurma tanpa biji mengandung 23 kalori.
                Kurma sumber serat larut (soluble fiber), yaitu beta- D-glucan yang mengurangi penyerapan kolesterol dan memperlambat  penyerapan glukosa di usus halus sehingga menjaga kadar glukosa darah. Beta-D-glucan mampu menahan air sehingga fases menjadi lebih lunak dan mudah dikelurkan. Serat larut juga lebih lambat dikelurkan dari saluran cerna dibandingkan serat tidak larut (insoluble fiber). Hal ini menguntungkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena pengosongan makanan di lambung dan rasa kenyang bertahan lama.
                Kurma kaya vitamin ( niasin, B6, riboflavin, tiamin, dan asam pantotenat ), mineral ( tembaga, kalium, mangan, magnesium, zat besi, dan fosfor ), asam folat, dan mineral mikro (zink dan selenium). Dalam ukuran yang sama. Kurma mengandung kalium 260% lebih banyak dari jeruk dan 64% dari nanas. Namun, kalori yang dihasilkan kurma juga lebih banyak 60% dari pada kedua buah tersebut. Kurma juga termasuk makanan yang mempunyai efek basa (alkalin). Kandungan kalium dan asam salisilat berfungsi sebagai anti nyeri. Kurma dapat mengurangi resiko terkena stroke, menurunkan demam, dan sebagai penambah energy.
                Sebagai panganan nabati, kurma tidak mengandung kolesterol. Kurma mengandung lemak tidak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kehadiran lemak ini bermanfaat sebagai penyerapan vitamin A,D,E,K yang terdapat di dalam kurma.
                Khasiat lain, kurma dapat membantu pertumbuhan tulang karena mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium yang sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat dan menghambat osteoporosis. Kurma dapat mengatasi rematik karena kandungan kalium dan asam salisilat yang ada didalamnya dapat mengurangi rasa nyeri akibat rematik. Kurma juga sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress dan pegal.
                Kurma membantu menguatkan daya ingat. Kurma mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak serta kandungan kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi resiko serangan stroke dan darah tinggi. Bagi anda penderita batuk, kandungan gula kurma dapat menghilangkan gatal-gatal dikerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.

0 comments :

Post a Comment

" Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar "