Popular Posts

Sunday, November 8, 2015



Kandungan Dan Khasiat Manggis

                Manggis mengandung gula sakarosa, dektrosa, dan levulosa. Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 g meliputi 79,2 g air, 0,5 g protein; 19,8 g karbohidrat; 0,3 g serat; 11 mg kalsium; 17 mg fosfor; 0,9 mg besi; 14 IU vitamin A; 66 mg vitamin C; 0,09 g Vitamin B (tiamin); 0,06 mg vitamin B6; (riboflavin ); dan 0,1 mg vitamin B5 (niasin).
                Mangggis menjadi komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena kaya vitamin C, memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas, dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Itu karena senyawa xanthone yang banyak terkandung dalam kulit buah. Xanthone adalah suatu bahan kimia aktif dengan struktur cincin enam karbon dan kerangka karbon rangkap.
                Xanthone mempunyai aktifitas anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel atau menghambat proses degenerasi sel (penuaan dini). Hal ini sangat penting apalagi dizaman sekarang, kita banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi, polutan, dan bahan tiruan lain, yang semua itu sudak terelak lagi. Xanthone juga mampu mengontrol penyakit degenerative, seperti arthritis, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan terapi penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung iskemik, hipertensi, dan penyumbatan pembuluh darah (atherosclerosis).
                Seluruh bagian pohon manggis dapat dipakai sebagai obat, daun, buah, akar, dan kulit batang. Dibagian bagian tersebut terdapat senyawa berkhasiat obat, seperti saponin, tanin, flavonoid, dan polifenol. Sebagai herbal, kulit manggis cukup mudah menyiapkannya, baik dalam bentuk segar atau kering. Dalam bentuk buah segar, kulit manggis dapat dibuat jus bersama daging dan bijinya. Dalam bentuk kering, kulit manggis dapat direbus atau diseduh dengan air panas.

0 comments :

Post a Comment

" Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar "