Popular Posts

Friday, October 30, 2015



Kandungan dan Khasiat Belimbing

                Belimbing mengandung protein,lemak, mineral  ( kalium,kalsium, fosfor,besi), vitamin C dan B, beta karoten, kalsium oksalat,  dan serat. Buah berukuran sedang (127 g), mengandung 42  kalori; 91% air; 10 g karbohidrat; 1 mg niasin; 1 g protein;5 mg kalsium; 207 kalium; 11 mg magnesium; 20 mg fosfor; 62 IU Vitamin A; 27 Mg vitamin C; 0,1 ug vitamin B6; 18 ug folat; dan 3 g serat.
                Belimbing merupakan sumber vitamin C yang dapat memenuhi 70% kebutuhan tubuh setiap hari. Kandungan vitamin C yang tinggi ini juga bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi menerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, mencegah penyakit jantung, meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah sariawan.selain itu juga belimbing juga mengandung serat dan beta karoten.
                Belimbing memiliki khasiat anti radang, antioksidan, peluruhan urin dan meningkatkan keluarnya liur.  Dapat membantu menyembuhkan tekanan tinggi (hipertensi), batuk, tenggorokan sakit dan bengkak, sakit gigi. Daun nya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kesukaran berkemih, kulit gatal, tersiram air panas, dan koreng bernanah (pioderma ). Sedangkan akarnya digunakan untuk mengobati sakit kepala kronik, nyeri sendi, mimisan.
                Kandungan tembaga pada belimbing dibutuhkan untuk membuat sel darah baru. Sedangkan pectin yang terdapat dalam belimbing  mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus. Sementara itu kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dapat dijadikan sebagai obat antihipertensi.
                Selain buah memiliki banyak khasiat, bunga, daun dan akar juga baik untuk obat malaria, penyakit maag, bisul, dan rematik. Akar dapat menyembuhkan sakit kepala dan nyeri sendi. Daunya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulir bernanah, dan bisul.

0 comments :

Post a Comment

" Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya, Silahkan Tinggalkan Komentar "